VISI

“Mewujudkan Ketangguhan Masyarakat Kabupaten Aceh Utara dalam menghadapi Bencana”

MISI

1. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pendidikan dan pelatihan kebencanaan;

2. Pencegahan dan Mitigasi Bencana

3. Memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana dan dampak bencana melalui pengurangan risiko bencana

4. Meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait, Perguruan Tinggi,Perusahaan dan lembaga Swadaya masyarakat.

5. Menjalin dan Memelihara kemitraan dengan kelompok masyarakat

6. Melaksanakan pemenuhan hak pengungsi bencana secara adil sesuai dengan standar pelayanan minimum

7. Menyelenggarakan rehabilitasi dan rekontruksi semua aspek pelayanan publik, sarana dan prasarana, kelembagaan pada wilayah pasca bencana

SEJARAH BPBD ACEH UTARA

Bahwa bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda d  an dampak phisikologis.

Kondisi sosial dan geografis wilayah Kabupaten Aceh Utara adalah daerah rawan bencana, baik bencana alam, (natural disaster), bencana non alam dan bencana sosial disebabkan oleh adanya jalur tiga lempeng dunia yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia dan Fasifik yang berpotensi terjadinya gempa bumi dan memicu timbulnya tsunami seperti yang pernah dialami pada tahun 2004, disamping itu wilayah Kabupaten aceh utara memiliki geografi dengan tanah yang labil serta terdapatnya beberapa daerah aliran sungai besar yang menyebabkan terjadinya banjir luapan setiap tahunnya serta daerah ini merupakan wilayah yang pernah terjadi konflik sosial.   Bencana-bencana yang menimpa Kabupaten Aceh Utara adalah gempa bumi dan tsunami, banjir, angin topan/kencang/puting beliung, erosi dan abrasi, kekeringan, longsor, kebakaran pemukiman, kebakaran hutan dan korban tenggelam. Akibat dari bencana tersebut telah berdampak kepada  kerugian materil dan imateril antara lain korban jiwa dan harta benda serta kerusakan infrastruktur lainnya.   

Penyelenggaraan penanggulangan bencana di Aceh Utara saat ini telah bergerak mengikuti sistem penanggulangan bencana nasional.  Perubahan cara pandang penanggulangan bencana dari yang bersifat tanggap darurat kea rah pengurangan risiko bencana telah mulai berjalan. Hal ini ditandai dengan masuknya Penanganan dan Pengurangan Resiko Bencana sebagai salah satu agenda pembangunan Aceh Utara Tahun 2012 -2017 dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Aceh Utara (RPJM Aceh Utara)

Kompleksitas dari permasaalahan bencana memerlukan suatu penataan atau perencanaan yang matang dalam penanggulangannya sehingga dapat dilaksanakan secara terarah dan terpadu dengan membangun komitmen dan koordinasi dengan semua instansi terkait dan stake holder dalam suatu kerangka acuan yang terpadu dan integrasi dalam pembangunan daerah

Dengan adanya pergeseran paradigma dimana sebelumnya pelaksanaan penanggulangan bencana bersifat responsive yaitu penanganan penanggulangan bencana dilaksanakan pada saat terjadinya bencana (masa tanggap darurat) sedangkan dalam paradigma baru penanggulangan bencana bersifat Preventive dilakukan disaat sebelum terjadinya bencana itu sendiri dalam bentuk pengurangan resiko bencana.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh Utara dengan segala keterbatasan kapasitasnya, mulai sejak terbentuk pada tahun 2010, telah berupaya secara maksimal untuk melakukan tugas pokok, dan fungsi dalam menyelenggarakan pelayanan penanggulangan bencana. Namun demikian, atas dasar masukan dan saran dari  berbagai mitra kerja,  pelayanan penanggulangan masih harus lebih ditingkatkan qualitasnya, masih banyak hal yang harus menjadi perhatian untuk menuju perbaikan serta penyempurnaannya.

 

Selamat Datang Di Website Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Aceh Utara Alamat Jln. Raya Banda Aceh – Medan Km 295 Landing Fax. (0645) 31710 Kec. Lhoksukon Kab. Aceh Utara – em@il==> bpbd.acehutara@yahoo.co.id website==> bpbd.acehutara.go.id