Pencegahan dan Kesiapsiagaan

Bidang pencegahan dan kesiapsiagaan mempunyai tugas sebagai berikut :

  • Merumuskan dan menyusun rencana kerja pogram operasional, koordinasi, pembinaan, penyadaran, informasi dan prosedur tetap kesiagaan dan penanggulangan bencana;
  • Mengkoordinasikan penyusunan penetapan kebijakan kesiagaan dan penanggulangan bencana an pasca bencana yang diselaraskan dengan kebijakan pembangunan daerah agar sasaran pengurangan dampak resiko dapat diminimasilir;
  • Menyusun kebijakan kerja sama dengan badan atau instansi serta lembaga yang terkait dalam penanggulangan bencana dan pasca bencana;
  • Membagi tugas dan memberi petunjuk kepada bawahan sesuai jabatan masing-masing agar memahami tugas pokok dan fungsinya;
  • Menyusun program dan anggaran serta kebijakan opersional pelaksanaan koordinasi, pembinaan, penyadaran, sosialisasi dan penyebarluasan informasi yang berkaitan dengan kesiagaan dan penanggulangan bencana;
  • Menyusun/merevisi program dan kebijaksanaan serta strategi pengelolaan kebijakan operasional koordinasi, pembinaan, penyadaran, sosialisasi dan penyebarluasan informasi yang berkaitan dengan kesiagaan dan penanggulangan bencana;
  • Menyempurnakan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dalam melaksanakan kebijakan koordinasi, pembinaan, penyadaran, sosialisasi dan penyebarluasan informasi serta pengayoman kepada masyarakat yang berkaitan dengan pencegahan, kesiagaan dan penanggulangan bencana;
  • Melakukan upaya-upaya tercapainya koordinasi, keterpaduan dan sinkronisasi kebijakan pelaksanaan pembinaan, pengayoman, perlindungan, penyadaran serta pemenuhan kebutuhan dasar pada saat terjadinya bencana dan pasza bencana;
  • Melakukan hubungan koordinasi dan kerja sama dengan komponen dan instansi teknis dalam menyusun dan mengembangkan kebijakan pencegahan, kesiagaan dan penanggulangan bencana dan pasca bencana;
  • Mengevaluasi hasil pelaksanaan operasional, koordinasi, keterpaduan, penyadaran dan sosialisasi serta penyebarluasan informasi pencegahan, kesiagaan dan penanggulangan dan pasca bencana secara rutinitas;
  • Memberikan motivasi, petunjuk dan kesempatan kepada para Kepala Sub Bidang yang dibawahnya agar kinerjanya semakin meningkat;
  • Melakukan pengawasan melekat di lingkungan unit kerjanya secara terus menerus agar tujuan koordinasi pencegahan, kesiagaan, dan penanggulangan serta pasca bencana dapat terlaksana dengan baik;
  • Membuat dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas Kepala Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Aceh Utara;
  • Melakukan tugas pekerjaan lainnya sesuai petunjuk Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Aceh Utara.